Minggu, 20 November 2011

Cara Menghilangkan Virus AUTORUN.INF, *.pif, dan *.exe

Cara Menghilangkan Virus AUTORUN.INF, *.pif, dan *.exe
Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menghilangkan virus autorun.inf yang dibuat oleh program yang telah terkena virus Sality..... oh iya disini saya memakai antivirus AVG 2012. Download AVG 2012


Setelah saya tahu bahwa di komputer saya terdapat virus tersebut, tanpa pikir panjang saya buka itu file autorun.inf dengan notepad. Dan ini dia isi script autorun.inf tersebut
autoruninf
Terlihat jelas kalau yang biang keroknya adalah file autorun.inf ini yang membuat file lain berekstensi *.pif dan *.exe.

Yang saya lakukan pertama kali adalah menghapus file autorun ini via linux live cd karena di windows file ini sudah tidak bisa dihapus, dan berhasil saya hapus tapi setelah saya scan virus itu masih saja ada di drive setiap hardisk, wah semakin bingung saja saya. Tapi saya tidak putus asa.

Lalu saya mendapat pencerahan dari om google saya mendapat cara yang benar-benar ampuh bisa membasmi virus itu sampai ke akar-akarnya. Sebagai berikut :

1. Turn off system restore caranya Klik kanan My Computer >> Properties >> Pilih System Restore >>  Checklist Turn off     system restore >> Yes >> apply >> ok .

2. Disable autorun.inf untuk semua drive (karena semuanya itu berawal dari autorun) dengan program AVG PC Tune Up. Download AVG PC Tune Up
Untuk SN-nya disini : 

00002G-3Z9g15-31KFDH-CN1TE9-UM896M-Q90Y37-PGBN9A-EZYBAH-1Q82QC-VMDUB4-T15M3B
000028-2PD417-QV9W39-GRMDCF-H76VBV-QKVQV7-C458CT-RAT899-HJRXH4-VHZK5F-M9JWQY
000025-TZUG16-4D91MX-2M54JV-U6B352-MBZZ5Y-P59QMC-2FJ2V6-XRZG6R-5EU4PG-CB39X5


3. Setelah install selesai, klik Start - All Programs - AVG PC Tuneup 2011 - Utilities - AVG Tweak Manager






4. Klik tab Windows Explorer - Autoplay - lalu ceklis semuanya (terutama yang removable & non-removable drives)


5. Buat script seperti ini di dalam notepad :
attrib -r -a -s -h autorun.inf
erase autorun.inf
copy remove.inf autorun.inf
attrib +r +a +s +h autorun.inf
dan save dengan nama hapus.bat , dan buat juga file remove.inf isinya terserah anda . Laughing

6. Copy hapus.bat dan remove.inf yang sudah di buat tadi ke masing-masing drive anda yang terkena virus

7. Klik 2x hapus.bat , lakukan itu di semua drive yang terkena virus . Jika berhasil file autorun.inf telah beruban nama jadi remove.inf dan akhirnya virus itu lenyap.

8. Segera restart komputer anda setelah menghapus autorun.inf tadi

9. Jangan buka windows explorer dulu (untuk jaga2 biar tu virus gk balik lagi)

10. Setelah itu full scan komputer anda dengan AVG Internet Security 2012 untuk menyembuhkan program *.exe yang terkena sality TANPA menghapusnya


Note : File remove.inf dan hapus.bat bisa anda hapus atau hidden saja , kali aja nanti tuh virus balik lagi, hehe..


Sekian pengalaman dari saya, semoga bermanfaat. Laughing

0 komentar:

Posting Komentar

Comment via Facebook

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Awesome Orange Sharp Pointer